Upaya Pengendalian Hama Wortel Organik

Upaya pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dihembus tepung belerang, dan disemprot dengan bubur ka|ifomia. Bubur ka|ifomia dibuat dengan campuran 100 g kapur tohor (CaO), 200 9 Metepung belerang, dan 1 liter air.

Cara membuatnya sebagai berikut:

1) Kapur dimasukkan dalam kaleng A, Ialu dicampur air sedikit demi sedikit sampai menjadi bubur.

2) Sisa air yang ada dididihkan, lalu diambil 200 cc. Kemudian, masukkan tepung’belerang dan aduk hingga menjadi bubur.

3) .Campurkan bubur kapur ke dalam kaleng B ‘ yang berisi tepung belerang sedikit demi sedikit sambil diaduk, dan masukkan sisa air yang ‘ mendidih.

4) Campuran tersebut direbus dan air ‘. dipertahankan selalu 1 liter, bila kurang ditambah air panas.

5) Setelah mendidih selama 1 jam, didinginkan dan disaring dengan kertas filter. Cairan jernih benNarna cokelat tersebut harus diencerkan sebelum digunakan, yaitutiap 100 ccditambah 3 literair.

d. Penyakit Busuk Hitam

Penyakit busuk hitam disebabkan oleh jamur Altemaria dauci (Kiihn) Groves et Skolko dan A, radicma Meier, Drechs, et Eddy. Gejala serangannya terlihat ada bercak-bercak kecil, berwarna cokelat tua sampai hitam dengan _tepi kuning pada daun.

Pada serangan yang parah, daun menjadi hitam dan mati. Serangan pada tangkai daun ditandai dengan bercak memanjang seperti karat. Serangan pada umbi seringkali terlihat setelah di penyimpanan. Umbi kelihatan ada bercak bulat atau tidak teratur, cekung sekitar 1-3 mm, berwarna hitam kehijauan sampai hitam pekat.

Penyakit busuk hitam dapat dikendalikan dengan beberapa cara yaitu menanam benih yang sehat, merotasi tanaman dengan tanaman yang tidak sefamili, mencabut dan membakar tanaman yang sakit, serta menyimpan umbi dengan suhu 0° 2° C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *