Syarat Tumbuh Wortel Organik

Salah satu yang mendukung pertumbuhan semua jenis tanaman adalah keadaan lingkungan Oleh karenanya, syarat tumbuh tanaman wortel perlu diketahui. Untuk tanaman wortel, tanah dan iklim menjadi bagian yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhannya.

1. Syarat Tanah

Untuk menghasilkan umbi yang berkualitas baik, tanaman wortel memerlukan tanah lempung yang berpasir, gembur, tidak tergenang air, dan DH sekitar 6,5. Bila ditanam di tanah dengan pH < 5,0, dapat dikatakan tidak akan ada panen atau Umbinya kecil-kecil.

2. Syarat lklim

Tanaman wortel akan tumbuh baik bila ditanam di daerah dengan ketinggian lebih dari 1.000 1.500 m dpl (di atas permukaan laut). Kebutuhan suhu tanaman wortel sekitar 15-21 ,1° C.

Penanaman wortel di lingkungan dengan suhu 1015° C atau 21,1 26,6° C akan menghasilkan wama umbi yang kurang baik. Berdasarkan ketinggian tempat dan suhu ideal di atas, tanaman wortel saat ini banyak ditanam di daerah pegunungan, seperti di Puncak (Jawa Barat).

Kopeng, Ngablak, Tawangmangu (Jawa Tengah), da” Kaliurang (Yogyakarta). Tanaman wortel dapat ditanam pada waktu musim kemarau asal dilakukan penyiraman.

Penanaman pada saat musim hujan diusahakan agar air tidak tergenang. Genangan air akan menyebabkan tanah menjadi asam sehingga umbi akan menjadi kecil dan pendek sehingga tanaman menjadi kerdil atau bahkan bisa mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *