Syarat Tumbuh Bawang Merah Organik

Agar pertumbuhannya subur, bawang merah harus ditanam di tempat yang memenuhi syarat tumbuh. Syarat tumbuh yang penting meliputi iklim dan kesuburan tanah.

1. Syarat Iklim

Pada umumnya, bawang merah tumbuh baik di dataran rendah karena untuk membentuk umbi memerlukan suhu yang tinggi. Suhu yang ideal sekitar 23 32° C. Di bawah suhu 23° C. tanaman bawang merah menghasilkan sedikit umbi, bahkan dapat tidak terbentuk umbi.

Kebutuhan sinar matahari untuk pertumbuhan bawang merah 100%, artinya tanaman tidak terlindung. Penyinaran yang semakin lama akan semakin baik untuk pertumbuhan. Maksudnya, lama penyinaran 15 jam Iebih baik bila dibanding dengan lama penyinaran yang hanya 10 jam.

Waktu penanaman sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Penanaman pada musim hujan dikhawatirkan tanah akan tergenang sehingga umbi busuk dan tanaman mudah terserang penyakit.

2. Syarat Tanah

Tanah yang sesuai untuk tanaman bawang merah adalah tanah Iempung berpasir, geluh (loam) berpasir, remah, tidak mudah tergenang air, gembur, subur. Derajat keasaman tanah yang baik sekitar pH 6,0 7,0. Bila pH tanah < 6,0, perlu dilakukan pengapuran untuk menaikkan pH. Bila pH terlalu tinggi, perlu dilakukan pengasaman dengan pemberian pupuk kandang yang cukup dan ditabur tepung belerang atau kieserit (M9804.H20).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *