Cara Penanganan Pascapanen Bawang Merah Organik

Bawang merah hendaknya dipanen pada saat setelah cukup tua. Pada saat itu, umbi telah padat, keras, tidak mudah busuk, dan tahan lama dalam penyimpanan. Bila dipanen terlalu muda, umbi akan cepat berkeriput bila dikeringkan, mudah lunak, dan cepat membusuk serta keropos.

Bila dipanen terlalu tua atau daun terlalu kering, umbi dapat tertinggal dalam tanah karena pada waktu daun dicabut, umbi terputus. Sebagai tanda bahwa tanaman bawang merahtelah siap panen seperti berikut umur panen bawang merah dltentukan varietas 8dan ketinggian tempat sekitar 80 90%, daun telah menguning, terkulai, dan leher umbi lemas.

Bila daun menguning sebelum waktunya, berarti tanaman tersebut terserang penyakit. Panen yang dilakukan sebelum cukup umur, umbi akan menjadi lunak bila kering.

Umbi sebagian besar kelihatan di permukaan tanah. Umbi terlihat padat, berisi, warna Iebih tua dan mengilap.

Setelah dipanen, umbi dibersihkan dari tanah. Umbi yang sakit atau busuk perlu dipisahkan agar tidak menular ke umbi yang sehat. Umbi beserta daunnya diikat kira-kira satu genggam. Bawang merah kemudian dikeringkan untuk mencegah terjadinya serangan penyakit atau hama di penyimpanan. Pengeringan tersebut dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. Di atas tanah diberi alas plastik, anyaman bambu, atau tikar agar umbi tidak langsung terkena tanah.

b. Setiap 50-100 cm ditancapkan bambu yang kemudian di-Iengkungan hingga membentuk rangka sungkup. Bambu ini berguna sebagai rangka penahan plastik yang disungkupkan di atas bawang merah pada saat malam hari, tujuannya agar umbi tidak terkena hujan atau embun.

c. Umbi yang telah diikat diletakkan di atas alas.

d. Penjemuran perlu dibolak-balik supaya keringnya merata. Jika dalam keadaan hujan, pengeringan dapat dilakukan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh. Dengan cara ini, proses pengeringan akan memakan waktu yang Iebih lama. Pengeringan dianggap selesai bila kandungan air daIam umbi sekitar 85%.

Sebagai tandanya yaitu kulit Iuar umbi telah kelihatan kering dan mengilat serta terdengar suara gemerisik bila digesekan satu sama Iain. Setelah kering, umbi dimasukkan ke dalam kantong plastik atau keranjang, Ialu dibawa ke gudang penyimpanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *