Cara Panen Wortel Organik

Pada umumnya, wortel dipanen sekitar umur 3-4 bulan, tergantung varietasnya. Saat panen yang tepat yaitu saat umbi tidak terlalu tua atau terlalu muda. Bila panen terlalu tua atau tanaman sudah mulai berbunga, umbi telah keras atau berkayu. Bila panen terlalu muda, ukuran umbi lebih kecil.

Panen perlu dilakukan secara hati-hati agar umbi tidak rusak atau cacat. Sebaiknya tanah digemburkan lebih dahulu, lalu umbi dicabut atau dapat juga menggunakan bantuan garpu.

7. Penanganan Pascapanen Umbi yang masih berbalut tanah setelah panen perlu diberi perlakuan sebelum dijual. Perlakuan pascapanen tersebut sebagai berikut:

1) Setelah dikumpulkan, umbi dicuci bersih dengan airmengah’r. Pada saat ini dapat dilakukan seleksi, yaitu memisahkan umbi yang sehat dengan umbi yang sakit. Setelah bersih, umbi ditiriskan di atas para-para hingga kering.

2) Bila tempat penjualan tidak terlalu jauh, umbi diikat bersama daunnya dengan berat sekitar 1,1-1,3 kg.

3) Jika tempat penjualannya jauh, daun dipotong sampai pangkal, demikian juga ujung umbi yang kecil. lni dilakukan untuk memudahkan dan meringankan saat pengangkutan. Pemilihan jenis pasar mempengaruhi kualitas dan kemasan.

Apabila akan dipasarkan di pasar tradisional, semua kualitas umbi dapat diterima konsumen dan tidak memerlukan pengemasan khusus. Namun, jika dipasarkan ke pasar swalayan, umbi harus dipilih yang berkualitas baik dan dikemas dengan plastik berukuran berat 250 g, 500 g, atau 1000 g.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *