Cara Bertanam Wortel secara Organik

Dalam bertanam wortel secara organik dapat dilakukan secara monokultur atau secara polikultur, contoh tanaman yang biasanya ditanam bersama¬ę sama wortel yaitu kubis dan daun bawang. Kedua jenis tanaman tersebut berbeda famili dengan wortel. Kubis termasuk famili Cruciferae, sedangkan daun bawang termasuk famili Alliaceae.

1. Pengolahan Tanah dan Pembuatan Bedengan

Pengolahan atau pencangkulan tanah dilakukan hingga kedalaman 40 cm atau Iebih. Setelah itu, tanah dibiarkan terkena sinar matahari untuk membunuh hama dan penyakit serta untuk pertukaran udara.

Selanjutnya, bedengan dibuat dengan tinggi sekitar15-20 cm, Iebar 100-200 cm, dan panjang 10-15 m atau disesuaikan dengan kondisi lahan. Jarak antarbedengan sekitar 40-50 cm. Pada tanah miring, bedengan dibuat tegak Iurus dengan kemiringan tanah untuk mengurangi erosi.

2. Jarak Tanam dan Pemupukan Dasar Penanaman wortel umumnya berjarak satu sama lain 40 cm x 5 cm. Apabila ditanam bersama kubis, jarak tanam antara wortel dengan kubis seperti pada gambar yang diperlihatkan di bawah ini.

Adapun jarak antara tanaman kUbis dengan yang lain sekitar 60 cm. Apabila ditana bersama daun bawang, jarak tanam antara daun bawang dengan wortel 40 cm. Daun bawang dapat ditanam di tengah bedengan atau di antara barisan tanaman wortel.

Pada bedengan, dibuat beberapa parit dengan  lebar 15 cm dan kedalaman 25 cm pada jarak 40 cm. Parit tersebut diisi dengan pupuk kandang atau kompos dan abu bakar organik sebanyak 1 genggam untuk barisan sepanjang 10 m.

Abu diberikan sebagai sumber unsur kalium. Unsurini dibutuhkan wortel Iebih banyak dibandingkan unsur yang Iainnya. Di atas pupuk, diberi tanah yang Kemudian dicampur hingga rata. Jika memungkinkan. di atas bedengan disiram air limbah ternak atau air septic tank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *