Budidaya Tanaman Wortel Organik

Wortel merupakan tanaman sayuran umbi akar yang rasanya manis karena mengandung zat gula dan telah lama dikenal. Karena rasanya yang manis menyebabkan wortel disukai banyak orang. Wortel dapat digunakan sebagai sayuran, acar, maupun minuman dengan cara dibuatju/ce dan dicampur dengan jeruk.

Biji wortel mengandung minyak esensial yang dapat diambil. Minyak ini dapat dipakai sebagai pemberi aroma dalam pembuatan parfum dan masakan. Di samping bijinya, daun muda wortel dapat disayur, sedangkan daun tuanya dapat dijadikan makanan ternak.  

A. Varietas Wortel

Wortel (Dnacus carota subsp. sativus (Heffm.) Termasuk famili Umbelliferae (Apiaceae) yang anggotanya mempunyai bunga berbentuk payung.

Tanaman wortel yang dibudidayakan yang berbunga karena sebelum bunga muncul, umbi wortel telah dipanen. Umbi wortel sebenarnya adalah akar tunggang yang menebal dan berisi cadangan makanan. Mulanya akar ini berwama putih, kemudian berubah menjadi kuning pucat, dan akhirnya menjadi oranye tua. Bentuk dan ukuran umbi ini tergantung dari varietas, kesuburan tanah. iklim, dan hama serta penyakit.

Terdapat beberapa macam varietas wortel, seperti Chantenay Red Cored, Royal Chantenay, Chantenay, Nantes, Yates Topweight, Yates Manchester Table, Redheart, Midway, Egmont Gold, Danvers Half Long, Flakkee, dan Burpeeā€™s Goldinhart.

Dari varietas-varietas tersebut, varietas yang umum ditanam di Indonesia ialah Chantenay dan Nantes. Varietas Chantenay memiliki umbi berbentuk kerucut, dengan bagian pangkal yang besar, garis tengahnya i 6 cm, panjangnya i 17 cm, dan berwama oranye. Umbi ini dapat dipanen pada umur i 70 hari.

Sedangkan varietas Nantes memiliki umbi berbentuk silindris, bagian ujung tumpul, bergaris tengah i 3-4 cm, panjang 116-19 cm, berwama oranye, dan rasanya manis. Umur panen sekitar 9-3 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *